PEKAN PAT KELAS 9 SEM 6 DAN JADWAL

 

.

ANBK 22Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilakukan di akhir tahun ajaran, yakni semester genap. Penilaian ini dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada akhir semester genap. Di SMPN 1 Sidoarjo pelaksanaannya di akan dilaksanakan di kelas-kelas. Siswa dikondisikan membawah laptop atau Tablet, bukan HP. Bagi siswa yang tidak memiliki akan disediakan sekolah dengan mengikuti di Lab. komputer (disediakan komputer). Format penilaian dengan sistem CBT (Computer Based Test) Ujian online lokal yang efesien dan hemat anggaran.

Yuk, pahami lebih lanjut mengenai Penilaian Akhir Tahun (PAT), mulai dari pengertian dan tujuan pelaksanaan.

Baca sampai habis !

Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan penilaian yang dilakukan secara rutin oleh sekolah setiap akhir tahun ajaran semester genap. Penilaian ini dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada akhir semester genap. penilaian akhir tahun yang dilakukan pada semester genap terakhir merupakan penilaian untuk menentukan kelulusan.

Penilaian yang dilakukan mencakup berbagai aspek, mulai dari pengetahuan, sikap, hingga keterampilan siswa pada semester genap. Umumnya, PAT dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis, tetapi bisa juga dilaksanakan dalam bentuk tes lisan, praktik, pengamatan, atau tugas dan produk.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) tidak hanya bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada akhir semester genap saja, tapi juga dilakukan untuk menentukan apakah siswa bisa naik ke kelas berikutnya atau tidak.

Pelaksanaan PAT dimulai dengan pemerintah daerah yang akan merilis kalender akademik setiap tahun ajaran. Kalender akademis ini selanjutnya akan menjadi panduan setiap sekolah dalam menentukan jadwal pelaksanaan PTS (Penilaian Tengah Semester), PAS (Penilaian Akhir Semester), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Satu hal yang pasti, Penilaian Akhir Tahun (PAT) ini selalu dilaksanakan di akhir tahun ajaran semester genap. Biasanya, penilaian ini dilakukan selama seminggu. Adapun mata pelajaran yang diujikan pada PAT meliputi semua mata pelajaran.

Perlu diketahui, Penilaian Akhir Tahun (PAT) tidak hanya hasil akhir yang dicapai siswa setelah mengikuti ujian saja. Ada beberapa indikator lain yang berpengaruh pada PAT, antara lain penugasan selama proses belajar-mengajar, penilaian sikap atau karakter siswa, dan penilaian keterampilan siswa.

jadwal pat kelas 9-2 24