Spensada bersholawat “MAULID NABI MUHAMMAD SAW.”

 

 

.

maulid nabi 23Jumat, 29/9/2023, siswa siswi dengan semarak mengikuti kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW di aula. Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan yang diperingati oleh umat Islam untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang dianggap sebagai rasul terakhir dalam agama Islam. Peringatan Maulid ini jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah, yang setiap tahunnya berbeda dalam penanggalan Masehi karena penanggalan Hijriyah bersifat lunar. Pada tahun ini, tanggal 12 Rabiul Awal, jatuh pada hari Kamis, 28 September 2023. Dalam rangka memperingati peristiwa tersebut, umat Islam Spensada telah mengadakan kegiatan keagamaan dengan tema-tema khusus yang berbeda setiap tahunnya. 

Ketika mengadakan acara Maulid Nabi, tentu sangat banyak makna yang dapat diambil untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya terkait 4 sifat terpuji yang dimiliki oleh Nabi Muhammad saw yakni shiddiq, amanah, tabligh, dan fathanah.

Shiddiq memiliki arti jujur. Sikap ini adalah sebuah sikap esensial yang harus dimiliki oleh setiap orang, mengapa demikian? Karena kejujuran merupakan sebuah modal utama untuk dapat percaya satu sama lain. Yang kedua adalah amanah yang berarti dapat dipercaya. Selain memiliki sifat jujur, seseorang harus berusaha agar dirinya dapat dipercaya dalam mengemban suatu tugas. Sifat amanah yang dimaksud adalah melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya dengan penuh tanggung jawab. Ketiga, tabligh yang berarti menyampaikan. Seseorang harus dapat menyampaikan amanah yang diberikan kepada orang yang berhak menerima amanah tersebut. Terakhir, fathonah yang berarti cerdas. Cerdas bukan berarti terkait pembelajaran akademik saja, tetapi juga tentang cara seseorang untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada di dalam hidupnya, atau terkait mencari solusi yang tepat terhadap sebuah masalah yang sedang dihadapinya.

Selain meneladani sifat Nabi Muhammad saw di atas, masih terdapat banyak hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk merealisasikan makna Maulid Nabi dalam kehidupan. Bershalawat juga merupakan hal penting sebagai wujud cinta kepada Nabi Muhammad saw. Dengan bershalawat, seseorang akan mendapatkan berbagai kemuliaan seperti dijanjikan pahala berlipat oleh Allah Swt, diangkat derajatnya, bahkan Allah menjanjikan akan mengumpulkan orang yang gemar bershalawat bersama Nabi Muhammad saw di surga. Kemuliaan-kemulian tersebut dapat diraih dengan sangat mudah, yang terpenting adalah niat agar dapat selalu bershalawat di setiap waktu yang ada.