Upacara Hari Kebangkitan Nasional 2023

 

 

Upacara Hari Kebangkitan Nasional 2023

pelantikan osis 23

 

 

 

 

 

 

 

Senin, 22 Mei 2023 di lapangan SMP NEGERI 1 Sidoarjo telah mengadakan kegiatan upacara untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 115 yang tepatnya tanggal 20 Mei 2023 hari Sabtu kemarin.

Diikuti peserta upacara mulai dari siswa kelas 7 dan 8 juga guru dan ptk, tampak lapangan penuh siswa ditata rapi berseragam ptuih-putih. Bu Ani sebagai pembina upacara dalam pidatonya menyampaikan kita harus bangkit / semangat untuk menjalankan visi misi sekolah seperti perjuangan pahlawan Indonesia. “Sesuai tema Hari Kebangkitan Nasional 2023 adalah “Semangat Untuk Bangkit” yang disampaikan pemerintah sejak minggu yang lalu. Siswa diingatkan juga bahwa minggu depan akan menjalani penilaian sehingga semua siswa harus menyiapkan belajarnya dengan tidak meninggalkan kewajiban menjadi anak di rumah dan mengingat tujuan sesuai cita-cita masing-masing siswa. Semangat untuk semua anak SMP NEgeri 1 Sidoarjo”, kata Bu Ani.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei

Sejarah latar belakang peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tanggal 20 Mei tak lepas dari berdirinya organisasi Boedi Oetomo atau Budi Utomo. Mengutip dari Kemdikbud, Budi Utomo merupakan organisasi pemuda yang dicetuskan pada 20 Mei 1908 silam.
Organisasi Budi Utomo itu didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa sekolah kedokteran STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Meski tak langsung terjun ke bidang politik, namun semangat dan pemikiran para anggota Budi Utomo menjadi pemicu perjuangan untuk melepaskan bangsa ini dari penjajahan.
Keberadaan organisasi Budi Utomo telah mengubah perjuangan bangsa Indonesia yang awalnya dilakukan secara fisik menjadi perjuangan secara diplomatis. Budi Utomo juga mengubah perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi bersifat nasional. Budi Utomo turut membangkitkan semangat nasional rakyat Indonesia untuk melawan penjajahan demi mencapai kemerdekaan.