MEMAKNAI HARI PAHLAWAN DI SPENSADA

 

 

MEMAKNAI HARI PAHLAWAN DI SPENSADA

 

SMPN 1 SIDOARJO . “Pahlawanku Teladanku” jadi tema dalam Hari Pahlawan 2022 ini adalah karena sebagai generasi muda dan penerus bangsa, sudah sepatutnya mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. PAHLAWANKU HIDUP BUKAN UNTUK DIRI SENDIRI, TIDAK SELALU CARI UNTUNG, TETAPI MENGHIDUPI !!!

 

Makna Hari Pahlawan Mengajarkan Keteladanan Kepada Anak-anak

Kisah perjuangan rakyat Indonesia sebelum dan pasca kemerdekaan muncul dalam buku sejarah pelajaran sekolah. Kisah tersebut tak hanya menunjukkan sejarah negara, melainkan juga mengajarkan keteladanan kepada anak-anak Indonesia, seperti kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan melakukan kewajiban dan hak.

Anda pun bisa mengenalkan makna Hari Pahlawan kepada mereka dari kehidupan sehari-hari. Seperti mempertahan kan kemerdekaan dengan belajar tekun, meraih prestasi di bidang yang diminati, menolong teman yang sedang kesusahan, dan membiasakan untuk mengucapkan terima kasih, maaf, serta tolong-menolong dengan orang lain.

Ajarkan pula sejak dini mengenai disiplin. Misal beribadah, masuk sekolah tepat waktu, mengerjakan PR di rumah, mengajari antri membeli makanan, dan lainnya. Tak lupa, biasakan anak-anak menjalani pola hidup sehat. Dimulai dari memperhatikan asupan makanan dan minuman, melengkapinya dengan imunisasi, mengajak mereka untuk rutin berolahraga, serta memperhatikan kualitas istirahatnya