Visi-Misi

...

.

Visi

Berakhlaq Mulia, Kreatif, Berprestasi dan Berbudaya Peduli Lingkungan.

Indikator VISI:

  • Berakhlaq. Terwujudnya akhlak mulia, keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Kreatif. Terwujudnya proses pembelajaran berpusat pada siswa yang memampukan siswa kreatif. Terselenggaranya proses pembelajaran yang diselenggarakan secara kreatif.
  • Berprestasi.Terwujudnya lulusan prestatif, berbekal keterampilan hidup dan mampu bersaing di ranah regional, nasional maupun internasional. Terwujudnya peningkatan prestasi akademik dan non akademik siswa di tingkat regional, nasional maupun internasional. Terwujudnya lulusan yang mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sederhana. Terwujudnya lulusan yang mampu melaksanakan penelitian ilmiah sederhana.
  • Berwawasan Lingkungan. Terwujudnya Kurikulum Sekolah Berwawasan Lingkungan. Terwujudnya Kurikulum SPP-SKS berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Terwujudnya proses penilaian autentik. Terwujudnya budaya dan lingkungan sekolah yang kondusif, bersih, sehat, indah, dan nyaman. Terwujudnya lingkungan sekolah sebagai sumber belajar kontekstual.
  • Sarana Sekolah. Terwujudnya sarana dan prasaran sekolah yang mendukung optimalisasi pelayanan internal sekolah. Terwujudnya sarana dan prasarana sekolah untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas.
  • Pengelolaan Sekolah. Terwujudnya manajemen berbasis sekolah dengan standar BAN dan ISO 9001:2015
  • Pembiayaan Pendidikan. Terwujudnya pembiayaan pendidikan melalui kemitraan dengan pengguna jasa sekolah, masyarakat pemerhati pendidikan dan alumnus. Terwujudnya kewirausahaan sebagai pendapatan asli sekolah.
  • Kompetensi PTK.  Terwujudnya keprofesional Pendidik didalam melaksanakan proses pembelajaran kontekstual, aktif, kreatif dan efektif yang berpusat pada siswa. Terwujudnya kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Terwujudnya PTK yang mampu melaksanakan pelayanan prima. Terwujudnya PTK sebagai Team work yang solid dan efektif. Terwujudnya jumlah PTK sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Misi

1. Mewujudkan Pengembangan Kurikulum Sekolah.

  • Mewujudkan Kurikulum SPP-SKS terintegrasi dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Mewujudkan Kurikulum budaya sekolah berbasis Lingkungan Hidup

2. Mewujudkan pencapaian peningkatan standar lulusan.

  • Mewujudkan lulusan prestatif berbekal keterampilan hidup, mampu bersaing di ranah regional, nasional maupun internasional.
  • Mewujudkan lulusan yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sederhana
  • Mewujudkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian ilmiah sederhana

3. Menyelenggarakan proses pembelajaran berpusat pada siswa.

  • Menyelenggarakan proses pembelajaran kontekstual
  • Menyelenggarakan proses pembelajaran kreatif
  • Menyelenggarakan proses pembelajaran aktif dan efektif

4. Menyelenggarakan penilaian sesuai dengan perkembangan Kurikulum Nasional

  • Menyelenggarakan penilaian autentik
  • Menyelenggarakan penilaian berbasis on line

5. Mewujudkan sarana dan prasarana sekolah yang mendukung optimalisasi standar Pelayanan Minimal internal   sekolah.

  • Mewujudkan sarana dan prasarana sekolah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Mewujudkan sarana dan prasarana sekolah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas.
  • Mewujudkan penataan sarana dan prasarana sekolah untuk pelayanan internal sekolah sesuai dengan fungsi

6. Mewujudkan manajemen berbasis sekolah dengan standar nasional dan internasional

  • Mewujudkan sistem manajemen mengacu pada standar Badan Akreditasi Nasional (BAN)
  • Mewujudkan sistem manajemen sekolah berstandar internasional ISO 9001:2015

7. Mewujudkan pembiayaan sekolah melalui program kemitraan

  • Mewujudkan pembiayaan sekolah melalui kemitraan dengan pengguna jasa sekolah dan masyarakat pemerhati pendidikan
  • Mewujudkan pembiayaan sekolah melalui kemitraan dengan alumnus
  • Mewujudkan pembiayaan sekolah melalui program kewirausahaan sebagai pendapatan asli sekolah untuk mendukung pencapaian program sekolah

8. Mewujudkan keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

  • Mewujudkan keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebagai Team work yang solid dan efektif
  • Mewujudkan keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk melaksanakan pelayanan Prima.
  • Mewujudkan keprofesionalan Pendidik dan Tenaga Kependidikan didalam mengelola manajemen secara on line
  • Mewujudkan keprofesionalan Pendidik berkomunikasi dalam bahasa Inggris sederhana
  • Melaksanakan supervisi akademik terprogram
  • Melaksanakan Penilaian Kinerja Guru (PKG) secara efektif
  • Melakukan Penilaian Capaian Sasaran Kerja (SKP) secara profesional
  • Mewujudkan jumlah PTK sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan

9. Standar Budaya Sekolah dan Lingkungan Sekolah

Terbudayanya Budaya Sekolah dan Lingkungan Sekolah melalui:

  • Budaya 5 S dengan 3 bahasa: Indonesia, Inggris dan Jawa
  • Budaya Berliterasi
  • Peduli Lingkungan
  • Budaya Melakukan Penelitian (Research)
  • Budaya Berprestasi
  • Berbahasa Inggris Komunikatif sederhana
  • Budaya Berkolaborasi, Saling Berbagi, dan Saling Menghormati
  • Membaca ayat-ayat Al Quran pendek pada awal pembelajaran

10. Standar Pendidikan Karakter

Terbudayanya Pendidikan Karakter melalui:

  • Pendidikan Kepramukaan Aktualisasi
  • Upacara Bendera
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di awal Pembelajaran
  • Berdoa bersama pada awal dan akhir pembelajaran
  • Proses pembelajaran aktif dan efektif
  • Bhakti Sosial
  • Sholat Dzuhur/ Ashar berjamaah
  • Sholat Dhuha

Tujuan

Pada akhir tahun pelajaran 2021/2022 sekolah akan mencapai visi dan misi sekolah sebagai berikut:

  1. Sekolah memiliki Kurikulum SPP-SKS terintegrasi dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  2. Sekolah memiliki Kurikulum berwawasan lingkungan
  3. Sekolah menghasilkan lulusan prestatif berbekal keterampilan hidup, mampu bersaing di ranah regional, nasional maupun internasional
  4. Sekolah menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sederhana
  5. Sekolah menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian ilmiah sederhana
  6. Memiliki budaya melaksanakan proses pembelajaran kontekstual
  7. Memiliki budaya melaksanakan proses pembelajaran kreatif
  8. Memiliki budaya melaksanakan proses pembelajaran aktif dan efektif
  9. Memiliki kebiasaan menerapkan penilaian autentik
  10. Memiliki kebiasaan melakukan penilaian berbasis on line